Tentang TBM Bukit Ramai Bagian II
Posted by Taman Baca on 12.34 with No comments
TENTANG TBM BUKIT RAMAI BAGIAN II
Foto Kegiatan Peminjaman Buku Dengan Sistem Elektronik Komputer ...(Lina)
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN
A. Organisasi dan Manajemen Taman Bacaan Masyarakat
Sebagai usaha dalam mempermudah langkah kerja kegiatan TBM agar berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan masyarakat, maka disusunlah organisasi dan manajemen TBM sebagai berikut:
a. Kepala TBM : Dewi Susanti .SE
b. Staf Bidang Administrasi dan Teknis : Ali Sagusta
c. Staf Bidang Layanan Pembaca :Laili Asma
Adapun Job deskripsi masing-masing bidang, adalah sebagai berikut:
- Kepala TBM
o Memimpin TBM.
o Menyusun dan menetapkan program TBM.
o Mengembangkan dan memajukan TBM.
o Melakukan kerja sama, baik antar TBM maupun institusi lainnya (pemerintah/swasta)
o Mengkordinasi serta mengawasi/mengontrol pelaksanaan tugas administrasi/pengolahan dan tugas-tugas layanan.
- Staf Bidang Administrasi dan Teknis
o Mengurus kegiatan administrasi dan surat-menyurat.
o Mengadakan pemilihan dan pengadaan bahan pustaka.
o Melaksanakan pengolahan bahan pusaka.
o Membuat laporan administrasi dan teknis.
- Staf Bidang Layanan Pembaca
o Mempersiapkan dan mengatur tata tertib layanan.
o Melaksanakan/menyelenggarakan layanan.
o Melaksanakan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.
o Melaksanakan administrasi keanggotaan.
o Membuat laporan pelayanan dan penggunaan koleksi TBM.
B. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan TBM ini dilaksanakan di jalan Sultan Ibrahim RT. 34 Nomor 63, yaitu rumah milik peneliti. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini diberi nama “Bukit Ramai”. Dengan nama yang demikian mendalam arti dan maknanya, diharapkan nantinya benar-benar TBM ini bisa menjadi salah satu motor penggerak dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa baik secara material maupun mental spiritual khususnya di lingkungan kelurahan tempat tinggal peneliti.
Adapun waktu pelaksanaan kegiatan dilakukan selama 3 bulan, dimulai pada minggu pertama bulan Nopember 2007 sampai dengan minggu terakhir pada bulan Januari 2008.
C. Strategi dan Deskripsi Jalannya Kegiatan
Strategi yang dilakukan dalam program kegiatan ini yaitu membaca menyenangkan “Quantum reading”. Jeannette Vos menyatakan bahwa pembelajaran akan berkembang dengan cepat dan mudah dengan melalui penjelajahan dan kesenangan, diantaranya meliputi kegiatan:
1. Mengkonsentrasikan lingkungan.
2. Menyiapkan suasana yang kondusif dan mencuri perhatian peserta belajar.
3. Memainkan musik atau menyiapkan kegiatan yang kreatif dan inovatif yang dapat menarik minat peserta belajar agar lebih intensif dalam mengikuti kegiatan belajar dan pembelajaran.
4. Pencanangan tujuan pribadi dan hasil belajar.
Hal ini selaras dengan pernyataan Bobbi De Porter, bahwa tingkat partisipasi anda di dunia sesungguhnya dapat menentukan kemampuan anda untuk belajar dengan kemudahan serta adanya lingkungan yang memperkaya menghasilkan pelajar-pelajar yang lebih baik dalam situasi yang memerlukan pemecahan masalah sementara lingkungan yang melemahkan menghasilkan pelajar-pelajar yang tidak mempunyai minat.
Dari pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam setiap proses belajar dan pembelajaran tentang setting kegiatan, suasana, kondisi lingkungan pembelajaran melalui penjelajahan dan kesenangan yang kreatif, inovatif dan dapat menarik minat peserta belajar beserta indikator yang memenuhinya sebagai sebuah proses yang ideal adalah sangat penting dalam membantu menghasilkan subyek pebelajar yang handal.
Deskripsi Jalannya Kegiatan TBM “Bukit Ramai”
Langkah pertama dalam usaha penyusunan program kegiatan TBM ini adalah mencari informasi dari kepala desa atau perangkat untuk mencari data tentang 7 warga belajar yang masih buta aksara, kemudian mendokumentasikan calon peserta yang akan menjadi sasaran kegiatan berdasarkan data yang diperoleh dari kelurahan, langkah berikutnya menyusun daftar calon peserta yang akan dijadikan sasaran kegiatan, selanjutnya melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya kegiatan TBM, serta pengenalan bahan bacaan dan sosialisasi tentang orientasi program ke depan yang akan dilakukan dalam TBM “Bukit Ramai”.
Pada tahap pelaksanaan program TBM meliputi kegiatan:
a. Memilih bacaan mulai yang sederhana dan tidak terlalu tebal, banyak gambar, serta sesuai dengan kebutuhan kerja warga.
b. Menarik minat baca warga belajar dengan memberi contoh membaca terlebih dahulu kemudian meminta kepada warga belajar lain untuk meneruskan bacaan yang telah kita baca tersebut.
c. Apabila ada warga yang mengalami kesulitan mengenal kata, kita bantu dengan menyuruhnya untuk memperkirakan dengan kalimat sendiri lanjutan dari kalimat yang terpotong tersebut atau memintanya untuk meneruskan bacaan tersebut.
d. Untuk membuat suasana belajar makin menyenangkan kegiatan membaca ini diselingi dengan kegiatan-kegiatan lain berupa kegiatan penyuluhan tentang cara bercocok tanam yang bagus, atau informasi aktual lainnya yang bermanfaat untuk diketahui warga belajar gemar baca atau diselingi dengan senam kebugaran jasmani.
e. Tempat untuk melakukan kegiatan gemar baca tidak selalu berada di dalam ruangan, namun kadang-kadang dilakukan di tempat-tempat rekreasi seperti di danau dan lokasi taman bermain Cibodas di area kompleks perumahan PC VI PKT
Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi kegiatan berupa:
Dalam tahap ini peneliti dapat melihat perkembangan kemampuan daya baca warga belajar dan berapa jumlah wacana yang mampu mereka baca selama dalam pembinaan dengan berpedoman pada format evaluasi yang ada
Categories: About
0 komentar:
Posting Komentar